Lebih Dekat Melayani Umat

News 0305


RIBUAN CALON HAJI SE-KABUPATEN PANDEGLANG

IKUTI BIMSIK

Pandeglang (Humas Pandeglang) – Sebanyak 1.036 jemaah calon haji dari Kabupaten Pandeglang yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini mengikuti bimbingan manasik (bimsik) tingkat Kabupaten Pandeglang. Bimsik tersebut berlangsung 2 hari berturut-turut, 1 dan 2 Juli 2019 di KBIH Mulyajati Cikole Pandeglang.
Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang Wawan Sofwan, penyelenggaraan bimsik tingkat kabupaten ini merupakan puncak dari kegiatan serupa yang sudah dilaksanakan oleh KUA di kecamatan. “Jadi setelah dibimbing di kecamatan, para jemaah dibimbing lagi di kabupaten supaya lebih mantap,” terang Wawan seraya menambahkan pihaknya memilih lokasi di Cikole karena dianggap memiliki fasilitas lengkap layaknya miniatur Masjidil Haram.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita. Dalam sambutannya bupati berharap para tamu Allah menjadi haji mabrur. Ia juga meminta para jemaah agar mendoakan kemajuan Pandeglang saat menunaikan ibadah haji.
Usai membuka acara, Irna melanjutkan meninjau lokasi miniatur Masjidil Haram. Saat berkeliling di lokasi, ia menyatakan rasa kagum sekaligus bangga melihat langsung miniatur tersebut. Irna juga menyatakan sangat mendukung untuk mempromosikan fasilitas ini secara nasional. Atas dukungan tersebut, Ketua KBIH Mulyajati, Mulyadi menyatakan sangat berterima kasih.
Kegiatan bimsik ini diisi dengan pemaparan materi dan praktek manasik yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi PHU H. Wawan Sofwan. Pemateri antara lain Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Banten Lukmanul Hakim yang menyampaikan materi alur perjalanan ibadah haji dan Dewi Setiani dari Dinkes Pandeglang yang menjelaskan pelayanan teknis kesehatan ibadah haji
Acara bimsik ditutup oleh Kepala Kemenag Pandeglang Endang yang menguraikan hikmah dari beribadah haji. Bimsik itu sendiri menurut Kepala Kemenag sangat penting agar sepulang dari mekkah menjadi haji mabrur.
Hari kedua bimsik diisi dengan praktek yang diikuti oleh para jemaah dengan serius. Kasi PHU Wawan menyatakan rasa puas atas terselenggaranya kegiatan ini. “Semoga dengan kegiatan ini para jemaah mendapat pengalaman dan pembekalan dalam menjalankan ibadah di tanah suci,” harap Wawan.
Hal senada diungkapkan Muchlis, salah seorang calon haji yang mengikuti kegiatan bersama istrinya. “Alhamdulillah bimsik di kecamatan maupun kabupaten saya ikuti semua. Apa yang kami pelajari selama ini melalui bimsik memberi gambaran tentang apa yang harus kami lakukan di tanah suci. Mudah-mudahan kami semua diberi kemudahan menjalankannya,” harap Muchlis.